AdSpace

  • Terbaru

    30 Okt 2014

    Alm. Gayatri Belum Jadi Anggota BIN

    Zona Magazine - Meninggalnya Gayatri Wailissa, gadis berusia 17 tahun yang menguasai 14 bahasa asing dinilai penuh dengan kontroversi, terutama soal keberadaannya dalam Badan Intelijen Negara (BNI).

    Kontroversi tersebut bermula ketika ayahanda almarhum Gayatri, Dedy Darwis, menyebutkan secara terbuka kepada media anaknya adalah agen BIN.

    Direktur Lembaga Kajian Stratejik Indonesia, Muhammad Nasir, menilai pengakuan Dedy Darwis tersebut tidak mungkin benar. Sebagai orang yang pernah belajar di pascasrjana kajian stratejik intelijen UI, sepengatahuan Dedy tidak ada anggota BIN yang mengaku bahwa dirinya adalah intel.

    "Sebab ketika sudah rekrut setiap agen akan disumpah dan terikat dengan kode etik. Hal ini juga diatur dalam regulasi intelijen yakni asas kerahasiaan," kata Dedy beberapa saat lalu (Kamis, 30/10).

    Menurut Dedy, pengakuan bahwa Gayatri sudah tiga bulan menjalani masa pelatihan, itu juga dipastikan tidak benar. Sebab sumber daya agen BIN semua di tempah di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) minimal berusia 18 tahun, dan itu dilakukan di Sentul bukan di luar Sentul. Dan perekrutan BIN juga baru dilakukan secara terbuka pada awal september 2014 yang lalu.

    "Jadi menurutku semua pengakuan Dedy Darwis ayahanda almarhum Gayatri itu tidak benar," ungkap Nasir.

    Nasir menambahkan, klarifikasi yang disampaikan langsung oleh Kabinda BIN Maluku Brigjen Gustav Agus Irianto bahwa Gayatri bukan anggota BIN juga sudah cukup untuk membantah desas-desus tersebut.

    "Gayatri belum menjadi anggota BIN. Pola rekrutmen anggota BIN yakni lulus SMU, berusia 18 tahun setelah itu masuk ke sekolah tinggi intelijen," demikian Nasir.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Alm. Gayatri Belum Jadi Anggota BIN Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top