AdSpace

  • Terbaru

    9 Jan 2015

    Perjalanan di 10 Rute Kereta yang Melegenda

    Zona Magazine - Untuk para penggila perjalanan dengan kereta, inilah adalah jalur paling menggiurkan yang pernah ada.

    #1 Rocky Mountaineer, Kanada
    Rute asli Rocky Mountaineer dari Vancouver ke Clgary mengikuti jalur kereta Canadian Pacific pada 1885. Ia melintasi Kanada barat dan pegunungan Rocky. Anda akan disuguhkan pemandangan alam liar berupa tebing lava hitam, danau gletser, sungai-sungai, dan mungkin saja… beruang. Perjalanan dua hari ini memiliki jeda bermalam di kota Kamloops, British Columbia. Untuk mendapat pemandangan terbaik, duduklah di bagian depan gerbong Gold Leaf. Ia memiliki kubah dari kaca.

    #2 Darjeeling Himalayan Railway, India
    Dengan kereta Lilliputian, Anda akan merasakan delapan jam perjalanan romantis dari kaki bukit di timur pegunungan Himalaya, ke stasiun Darjeeling di ketinggian. Dari sini, Anda bisa melihat puncak-puncak gunung menjulang tinggi. Perjalanan akan melintasi hutan lebat, lembah-lembah, perkebunan teh, hutan pohon maple, pir, dan ceri. 

    #3 Semmering Railway, Austria
    Berangkat dari Gloggnitz, perjalanan Semmering akan menempuh waktu satu jam untuk melintasi pegunungan Alpen menuju Murzzuschlag. Rute ini selesai dibangun pada 1854 – sebelum era dinamit dan mesin pembuat terowongan. Anda akan dibawa melewati 16 jembatan dan 14 terowongan yang semuanya buatan tangan. Ini merupakan salah satu karya agung dari ilmu teknik sipil dari masa-masa awal kereta api. Di Murzzuchlag Anda bisa mengunjungi museum kereta Sudbahn untuk mengetahui lebih banyak soal sejarah rute ini.

    #4 West Highland Line, United Kingdom
    Rute kereta paling mengagumkan di Inggris raya ini menghubungkan pelabuhan Mallaig di pantai barat Skotlandia dengan Glasgow. Perjalanan ditempuh selama 90 menit dengan melintasi berupa danau-danau, lembah, dan istana sebelum akhirnya tiba di daerah pantai dengan lansekap kepulauan kecil Eigg, Muck dan Rum. Salah satu jembatan yang dilintasi, Glenfinnan, di dekat Mallaig, merupakan salah satu lokasi syuting Hogwarts Express dalam film Harry Potter.

    #5 El Chepe, Meksiko
    Ini merupakan jalur kereta paling modern dan nyaman di Meksiko yang melintasi Ferrocamil Chihuahua al Pacifico. Ia juga dikenal dengan Copper Canyon Railway. Selama 13 jam perjalanan, penumpang disuguhkan pemandangan megah pegunungan di Meksiko utara dan laut Pasifik. Selain itu, masih ada tebing-tebing kokoh, air terjun, gurun di dataran tinggi, dan lansekap Sierra Tarahumara. Waktu terbaik untuk mencoba rute ini adalah dalam rentang Oktober-Maret. Hindari musim panas karena cuaca di sana sangat menyengat dan berdebu.

    #6 Douro Line, Portugal
    Di sini Anda akan menumpangi kereta uap abad 19 yang ditarik oleh lokomotif diesel. Perjalanan akan memakan waktu satu setengah jam, menyusuri sungai Douro, perkebunan anggur dan zaitun, serta kampung-kampung tradisional yang memikat. Kereta akan berhenti di Pinhao, di mana stasiun di sana didekorasi dengan pola kotak-kotak berwarna biru-putih (dinamakan azulejos), yang menggambarkan sungai dan musim panen setempat.

    #7 The Ghan, Australia
    Trek ini membawa Anda, selama dua hari, melintasi benua Australia dari utara ke selatan. Anda bisa menyaksikan bagaimana karakter daerah berubah, dari kawasan yang dipenuhi semak-belukar di Adelaide ke gurun berbatu merah di Red Centre dan zona tropis di Top End. Perjalanan akan selesai di Darwin, ibukota dari Northern Territory. Nama “Ghan” sendiri merupakan kependekkan dari kereta pendahulunya, Afghan Express. Pada abad 19, rombongan penunggang unta sering melewati kawasan ini.

    #8 Bergen Railway, Norway
    Yang satu ini merupakan jalur kereta tertinggi di kawasan Eropa utara. Perjalanan selama tujuh jam membawa Anda menerobos barisan pegunungan di antara Oslo dan Bergen, serta dataran tinggi berbatu Hardangervidda, sebuah area cagar alam terbesar di Eropa. Kemudian, Anda akan menurunkan ketinggian dengan menyusuri lembah menuju kota Hanseatic di Bergen.

    #9 Hiram Bingham Orient-Express, Peru
    Kereta Pullman khas 1920-an akan membawa Anda menembus kabut di pegunungan serta menyusuri sungai Urubamba menuju situs peninggalan bangsa Inka, Machu Picchu. Perjalanan selama tujuh jam ini dimulai di dataran tinggi, kemudian melaju ke daerah pertanian bangsa Inka, kampung-kampung tradisional, dan tiba di “kota yang hilang”, Aguas Calientes. Puncak ketinggian rute kereta sangat dekat dengan gunung Machu Picchu, sekitar 2.286 mdpl.

    #10 Bernina Express, Swiss dan Italia
    Rute ini membawa Anda melaju melewati gletser es pegunungan Alpen di St. Moritz hingga deretan pohon-pohon palem di Tirano, Italia, dalam sebuah trek paling curam yang pernah ada. Di musim panas, penumpang dapat mencicipi perjalanan dua jam di gerbong tanpa atap. Hal ini merupakan kesempatan sempurna untuk mengambil gambar-gambar pemandangan terbaik.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Perjalanan di 10 Rute Kereta yang Melegenda Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top