AdSpace

  • Terbaru

    27 Mei 2015

    Derawan Surga Laut Indonesia

    Zona Magazine - Menjelang saatnya libur tiba, sudahkah Anda punya rencana tujuan tempat berlibur yang mempesona? Kalau saja Anda seorang pecinta pantai dan laut, Derawanlah tempat yang paling pas untuk mengisi liburan kali ini.

    Kepulauan Derawan terletak di Laut Sulawesi, di pesisir Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan menghadap ke mulut muara Sungai Kelai yang lebih dikenal dengan Delta Berau. Kepulauan ini terdiri atas enam gugusan pulau besar, yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Panjang, Pulau Samama, serta beberapa pulau kecil dan gugusan karang.

    Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° – 11° dengan lebar 13,5 – 20 meter.

    Daerah ini merupakan kawasan laut dan mangrove yang diatur untuk keperluan kegiatan perikanan berkelanjutan, wisata bahari, penelitian, dan pengembangan sosial-ekonomi masyarakat, serta pemanfaatan sumber daya laut lainnya secara lestari.

    Belum ada memang penerbangan langsung untuk menuju kawasan ini. Penerbangan dari Jakarta hanya sampai ke Balikpapan, ganti dengan pesawat kecil ke Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau. Dari Tanjung Redeb Anda bisa menggunakan speedboat menuju Pulau Derawan dan ini justeru menjadi bagian menarik dalam perjalanan.

     Kawasan wisata laut dan konservasi yang dikembangkan menjadi wisata selam ini terkenal dengan terumbu karangnya yang sangat indah. Dengan menggunakan snorkel anda bisa menikmati keindahan terumbu karang di bawah laut karena airnya sangat bening. Tidak perlu jauh-jauh ke tengah laut, sekitar 100 meter dari bibir pantai saja, ikan dan terumbu karang beraneka warna sudah bisa dinikmati. Rangkaian Kepulauan Derawan yang terbentang lebih dari 100mil sepanjang garis pantai Kalimantan Timur, merupakan salah satu daerah yang paling kaya secara biologis di Indonesia.

    Di kepulauan ini air dari Sungai Berau bercampur dengan air dari Laut Sulawesi menciptakan suatu bentang laut yang unik dengan ciri sebuah delta sungai yang lebar menuju ke gosong karang yang tersebar, terumbu karang tepi dan atol.

    Di Lautan Derawan hidup lebih dari 460 jenis karang sehingga menjadikan Kepulauan Derawan sebagai daerah yang memiliki keragaman karang keras tertinggi nomor dua di dunia setelah Kepulauan Raja Ampat di Indonesia bagian Timur. Beberapa gugus karang, seperti Moras, Lintang, Malalangun, Gasongan, Baliulin dan Masimbung juga terdapat di Kepulauan Derawan.

    Karang dan Ikan yang Menakjubkan

    Perairan di sekitar karang ini memiliki ekosistem bawah laut yang sangat menakjubkan. Keindahan terumbu karang, keragaman aneka jenis koral, jenis ikan dan biota karang serta pantai berpasir putih bersih menjadi pesona tersendiri tempat ini.

    Sejumlah binatang karang langka di Indonesia Timur dari jenis keong terdapat di beberapa pulau karang ini. Kawasan ini juga terkenal dengan habitat penyu hijau (Chelonia mydas) yang langka dan terbesar di Indonesia.

    Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Di sini terdapat beraneka ragam biota laut, seperti cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

    Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai Blue Trigger Wall karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

    Pokoknya di Pulau Derawan ini, banyak aktivitas yang dapat kita lakukan, terutama aktivitas yang berkaitan dengan wisata bahari, seperti: berenang, snorkeling, memancing, berjalan di sepanjang pantai, dan lainnya.

    Bagi penyelam Indonesia dan Internasional Pulau Derawan sudah menjadi tempat favorit. Bahkan keindahan lautnya, menginspirasi dua fotografer terbaik dunia, Tony Wu dan William Tan, untuk menerbitkan buku koleksi foto bawah air yang berjudul “Silent Symphony”. Buku yang mendapatkan World Grand Prize untuk kategori International Prize for Best Book of Underwater Photography.

    Bikin penasaran kan? Kalau ingin menikmati keindahan alam laut Indonesia, ya derawanlah tempatnya, dijamin liburan Ada akan menyenangkan dan tak terlupakan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Derawan Surga Laut Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top