AdSpace

  • Terbaru

    19 Sep 2015

    Alasan Orang Sering Lihat Foto Aneh di Mars

    Zona Magazine - Rover Curiosity datang ke Planet Mars untuk mengungkap sisi lain dari Mars yang terpencil dan kebanyakan batu, atau boleh dibilang sejauh mata memandang hanya batu. Tapi, bukan sembarang batu yang ada di planet merah ini.

    Misi tersebut memang berhasil menangkap beberapa gambar bebatuan yang ada di sana. Namun demikian, tak sedikit orang yang menafsirkannya secara berbeda-beda.

    Maka tak mengherankan, foto-foto bebatuan Mars tersebut sering diterjemahkan secara impresif dan imajinatif, seperti batu mirip kadal, putri duyung, lampu lintas, donat dan bahkan Barack Obama.

    "Kami memiliki kamera HD pada rover ini yang jauh melebihi apa yang pernah dikirim ke planet sebelumnya, namun untuk menemukan hal-hal yang semacam mengelabui otak anda berpikir itu adalah putri duyung atau apa pun, Anda harus memperbesar mana itu jenis bayangan pada saat itu, " ujarAshwin Vasavada, seorang ilmuwan yang bekerja pada proyek rover Mars, kepada CNN.

     Menurutnya banyaknya pendapat soal bentuk bebatuan Mars, Vasavada menyebutnya sebagai fenomena pareidolia.

    Pareidolia adalah ketika otak Anda mengenali benda asing atau pola meskipun itu tidak benar-benar ada. Ini menjelaskan mengapa orang  melihat beragam bentuk bebatuan berkeliaran di Mars.

    Vasavada menikmati hal-hal yang orang katakan soal foto diambil di Mars, tetapi dia mengatakan timnya tidak mengambil terlalu serius. Dan dia sebagai harapan seperti orang lain adalah bahwa NASA akan menemukan bukti kehidupan cerdas di Mars.

    "Sejauh ini kita belum melihat apa pun yang begitu jelas bahwa hal itu akan sama dengan apa orang-orang klaim selama ini," dia menandaskan. (cnn)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Alasan Orang Sering Lihat Foto Aneh di Mars Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top