AdSpace

  • Terbaru

    12 Des 2015

    Mona Lisa Ternyata Bukan Lisa

    Zona Magazine - Selama ini orang hanya tahu Mona Lisa punya senyum yang cantik. Pelukis Italia, Leonardo da Vinci menggambarnya berdasarkan Lisa Gherardini yang merupakan istri dari Francesco del Giocondo. Periode melukisnya 1503 sampai 1506, diselesaikan pada 1517.

    Berpindah dari satu tangan ternama ke tangan lainnya, lukisan yang menjadi mahakarya paling dikenal dari Da Vinci itu kini menjadi milik pemerintah Perancis. Lukisan itu dipajang di Museum Louvre, Paris, sejak 1797 hingga sekarang.

    Sekitar 10 tahun belakangan, terus dilakukan penelitian terkait lukisan itu. Baru-baru ini, seorang ilmuwan Perancis mengklaim telah menemukan fakta baru tentang Mona Lisa. Katanya, ada potret yang berbeda tersembunyi di balik lukisan itu.

    Dikutip dari Independent, ilmuwan Pascal Cotte mengatakan bahwa lukisan Mona Lisa mengandung figur yang tidak memiliki tatapan langsung maupun seulas senyum cantik seperti yang dilukis oleh Da Vinci.

    Cotte menerapkan sebuah teknik yang disebut Metode Amplifikasi Lapisan untuk menganalisis lukisan itu. Dengan teknik khusus, ia memproyeksikan beberapa lapis cahaya intens kepada Mona Lisa. Ada kamera yang akan menangkap refleksi cahaya, memungkinkan untuk merekonstruksi apa yang terjadi di antara lapisan-lapisan catnya.

    "Sekarang kita bisa menganalisis secara tepat apa yang terjadi di dalam lapisan lukisan dan kita bisa mengupasnya seperti bawang. Kita bisa merekonstruksi seluruh kronologi penciptaannya," kata Cotte.

    Ia tak menyangka, hasil itu ternyata mengungkap banyak mitos dan melampaui bayangannya sendiri tentang lukisan Da Vinci. Ia sendiri terpana dan pandangannya tentang lukisan itu berubah selamanya.

    "Ketika saya selesai merekonstruksi Lisa Gherardini, saya berada di depan fotonya dan dia benar-benar berbeda dengan Mona Lisa yang sekarang. Dia bukan perempuan yang sama," tutur Cotte lagi, menegaskan. Ia sendiri meneliti Mona Lisa sejak 2004.

    Pihak Museum Louvre menolak berkomentar tentang fakta itu. Tapi seorang ahli sejarah, Andrew Graham-Dixon yang punya tayangan The Secret of the Mona Lisa mengatakan, temuan itu bisa mengarah ke perubahan nama lukisan. "Saya yakin ini adalah salah satu cerita hebat abad ini," ia berkomentar.

    "Mungkin akan ada keengganan dari pihak berwenang di Louvre untuk mengubah judul lukisan itu karena itu yang sedang kami bicarakan. Selamat tinggal Mona Lisa, dia ternyata orang lain," imbuh Graham-Dixon.

    Di kalangan seniman, temuan Cotte jelas menjadi kontroversi. Menurut Martin Kemp, pemegang gelar Profesor Sejarah Seni di Universitas Oxford opini bahwa gambar itu menyembunyikan sesuatu di balik permukaannya, tidak dapat dipertahankan.

    "Saya tidak berpikir ada kehati-hatian yang merepresentasikan potret yang berbeda. Saya melihatnya kurang lebih sebagai proses berkelanjutan dari evolusi. Saya percaya bahwa Mona Lisa adalah Lisa," tegasnya. (cnn)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mona Lisa Ternyata Bukan Lisa Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top