AdSpace

  • Terbaru

    12 Des 2015

    Jepang Bakal Luncurkan Satelit Pengintai Antariksa

    Zona Magazine - Dalam mendukung penelitian evolusi antariksa, Jepang dikabarkan akan kembali meluncurkan satelit astronomi sinar x buatannya pada 12 Februari 2016 nanti. Satelit yang yang diberi nama ASTRO-H ini akan lepas landas  dari Yoshinobu Launch Complex, Tanegashima Space Center.

    Satelit dengan panjang 14 meter ini adalah satelit astronomi sinar x yang digunakan untuk memelajari struktur luar angkasa dan evolusinya melalui studi suhu tinggi, seperti dilansir Xinhuanet.


    Dengan menggunakan sinar x dan sinar gamma, satelit ini nantinya dapat memelajari benda-benda langit berkekuatan besar, seperti lubang hitam, sisa-sisa supernova, dan gugsan galaksi.
    Untuk meluncurkan satelit ini, Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. dan the Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) mengungkapkan bahwa mereka akan menggunakan 'kendaraan' H-2A Lauch Vehicle No. 30 (H-2A F30) untuk peluncuran.

    “Untuk memperbesar kapasitas peluncuran H-2A F30, kami juga akan menyediakan peluncuran dan peluang injeksi orbit untuk muatan sekunder kecil,” tulis pernyataan resmi dari badan antariksa Jepang.

    Satelit astronomi sinar x ASTRO-H adalah bagian dari proyek observasi antariksa keenam yang menggunakan sinar x dan dipimpin oleh Jepang.

    Sebelumnya, negeri sakura juga telah meluncurkan satelit astronomi sinar x lainnya bernama Suzaku, yang kini sedang sibuk mengorbit dan mempelajari ruang angkasa.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Jepang Bakal Luncurkan Satelit Pengintai Antariksa Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top