Zona Magazine - Bila ingin meningkatkan pendapatan perusahaan, Anda pasti
berpaling pada tim penjualan. Anda mengandalkan mereka untuk berbicara dengan prospek,
mendapatkan tanda tangan dan akhirnya mencapai kesepakatan.
Namun ada strategi lain yang mungkin bisa dilakukan. Jika
tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, Anda bisa
menggunakan cara di luar tim penjualan, yaitu dengan kanal kemitraan.
Bermitra dengan perusahaan yang menawarkan produk atau
jasa pelengkap untuk produk Anda, bisa meningkatkan aktivitas penjualan,
mendorong pendapatan dan mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, Anda akan
lebih mudah menangkap peluang baru yang mungkin belum muncul di permukaan.
Seperti dikutip dari Entrepreneur, Senin, 23 November 2015, di
bawah ini adalah empat langkah yang mungkin bisa dipertimbangkan dalam
membangun kemitraan dengan perusahaan lain.
1. Mencari mitra yang DNA-nya cocok
Ketika mempertimbangkan perusahaan yang akan dijadikan
mitra, Anda sebaiknya mencari yang cocok dan saling melengkapi dengan produk
atau jasa yang Anda tawarkan. Jika memungkinkan, kemitraan bisa berjangka
panjang.
Jika Anda menjual casing ponsel, misalnya, Anda ingin
bermitra dengan penyedia ponsel, karena pelanggan mereka akan dengan mudah
membeli produk Anda.
Dalam arti bisnis-ke-bisnis melalui kemitraan, Anda dapat
memperluas penawaran layanan Anda kepada pelanggan dan menangkap peluang bisnis
yang mungkin sebelumnya tidak ada. Sementara mitra Anda mendapat manfaat dari
pendapatan yang Anda bawa ke mereka. Ini adalah solusi saling menguntungkan.
2. Membangun hubungan
dengan mitra
Menciptakan hubungan yang saling menguntungkan adalah
kunci untuk membuat sebuah kemitraan. Carilah mitra di antara perusahaan
yang Anda sudah kenal dan percaya atau yang sebelumnya pernah menjalin hubungan
yang sukses dengan Anda.
Buatlah perjanjian dengan para mitra yang tidak merugikan
masing-masing pihak. Ini sangat penting bahwa mitra Anda merasa dihargai dalam
kemitraan mereka.
Jika ingin membangun strategi kemitraan yang efektif,
bekerja samalah dengan mitra Anda dan bangunlah hubungan yang kuat agar dialog
terbuka selalu terjaga.
3. Membekali mitra Anda
agar sukses
Pastikan Anda sudah berkomunikasi dengan mitra Anda
tentang bagaimana proses penjualannya dan bekali mereka dengan alat-alat
penjualan yang membuat mereka menjadi sukses. Sebuah cara yang bagus untuk
memastikan mitra Anda terus mempromosikan produk atau solusi Anda adalah
menyediakan sumber daya yang besar dan alat-alat penjualan untuk mereka
sehingga mereka akan bersemangat untuk berbagi dengan pelanggan mereka.
Sebuah strategi kemitraan yang baik meliputi pengembangan
aset seperti landing pages, video, kisah sukses dan sumber daya lainnya yang
mendorong penjualan dengan cara yang mudah dilakukan mitra Anda tetapi juga
menjadi promosi merek dan solusi Anda.
4. Bisa menyesuaikan diri
dengan peluang kemitraan baru
Jangan mendekati mitra yang di luar kemampuan perusahaan
Anda. Contohnya, Anda seorang petani apel, pertama Anda akan menjual apel di
pasar lokal sebelum usaha Anda menjadi besar sehingga mampu bersaing di pasar
nasional. Namun jika Anda langsung menitipkan apel di jaringan pasar besar,
kemungkinan besar Anda tidak akan mampu memenuhi permintaan.
Intinya, pertama menentukan siapa mitra terkuat Anda.
Kemudian, mulai menjalin kemitraan dengan beberapa dan melihat bagaimana bisnis
berjalan. Pelajari dan lakukan penyesuaian selama menjalani kemitraan. Jika
kemitraan ini terbukti berjalan dan berkembang, Anda mungkin perlu menyewa
beberapa orang untuk menjaga aliran kerja tetap berjalan.
0 komentar:
Posting Komentar