AdSpace

  • Terbaru

    21 Okt 2015

    Robot akan Menguasai Dunia

    Zona Magazine - Teman seperjuangan Steve Jobs yang juga pendiri Apple, Steve Wozniak kembali mengeluarkan pernyataan soal perkembangan teknologi robot yang dibekali oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

    Wozniak berpendapat, manusia akan baik-baik saja jika robot akan mengambil alih 'kekuasaan' dunia karena kita semua akan menjadi 'peliharaan' robot.

    Sebelumnya, Wozniak menyatakan bahwa komputer yang ditenagai AI akan sangat menakutkan di masa depan dan bisa menyingkirkan peradaban manusia, namun kini ia justru seperti 'membela' eksistensi robot pintar sebagai hal baik untuk manusia."Mereka akan jauh lebih pintar dari kita. Apabila demikian, mereka akan sadar bahwa mereka membutuhkan manusia," ujar Wozniak pada forum teknologi Freescale di Austin, Texas.

    Wozniak yang berusia 64 tahun itu menekankan, tentu butuh ratusan tahun lagi agar teknologi dan perkembangan AI bisa betul-betul menguasai dunia. Ketika waktu itu datang, ia yakin itu tak akan menjadi ancaman untuk keberadaan manusia.

    "Mereka akan sangat cerdas sehingga mereka tahu harus menjaga alam, dan manusia adalah bagian dari itu. Saya lebih takut apabila peradaban kita digantikan oleh komputer cerdas. Robot setidaknya bisa membantu kita," lanjut Wozniak, mengutip situs The Guardian.

    Beberapa waktu lalu, Wozniak kepada BBC juga sempat menyatakan bahwa AI akan berkembang dengan sendirinya dalam kisaran yang tak bisa diprediksi. Sementara manusia, menurutnya, terbatas oleh evolusi biologis, nantinya tidak akan mampu bersaing dan akhirnya akan tersingkir.

    Selain Wozniak, ada Elon Musk, miliuner Bill Gates, dan pendiri PayPal, Peter Thiel yang menentang pengembangan AI. Ketiganya mengaku robot bisa mengancam peradaban manusia apabila tidak dikelola dengan benar.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Robot akan Menguasai Dunia Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top