AdSpace

  • Terbaru

    24 Mei 2016

    Komputer Penyedia Air, Energi dan Internet

    Zona Magazine -Namanya Walty dan ini bukan sembarang komputer. Sebab oleh penciptanya ditahbiskan sebagai komputer bertenaga surya terbesar di dunia, tapi tak hanya berfungsi sebagai komputer semata saja.

    Mesin Watly, dibuat oleh start-up Italia-Spanyol dengan nama yang sama. Bentuknya menyerupai kapsul ruang angkasa futuristik. Tapi misinya adalah untuk menyediakan listrik, air bersih, dan layanan internet yang bisa mengubah hidup dan ekonomi khususnya di pedesaan Afrika.

    Sekitar 625 juta orang di Sub-Sahara Afrika saat ini thidup anpa listrik, sementara 39 persen tidak memiliki akses terhadap air bersih.

    "Ini merupakan solusi infrastruktur untuk orang-orang tanpa akses ke tiga pilar dasar peradaban," kata pendiri Watly Marco Attisani, kepada CNN.

    Sistem ini bekerja dengan menangkap energi matahari melalui panel photovoltaic pada permukaan modul Watly, yang diubah menjadi listrik melalui baterai internal 140 kwh

    Di dalamnya juga terdapat sistem yang telah dipatenkan yang berguna untuk memproses penyaringan berbasiis graphene, jadi sebelum air direbus dilakukan penyulingan.  Proses ini dapat memberikan 5 ribu liter air minum yang aman setiap hari.


    Baterai juga kekuatan hub konektivitas yang menyediakan akses internet nirkabel dalam radius 800 meter, dan stasiun pengisian untuk perangkat elektronik dan ponsel.

    Dalam kalkukasi, satu Watly dapat mengurangi emisi hingga 2.500 ton gas rumah kaca atau setara dengan 5.000 barel minyak.

    Watly telah menguji prototipe di pedesaan Ghana, dan langkah berikutnya adalah untuk menggelar unit di seluruh benua, dimulai dengan Nigeria dan Sudan.

    "Proyek ini bisa memiliki dampak sosial dan ekonomi yang besar terutama di Afrika," kata seorang juru bicara Uni Eropa.

    "Ini bertujuan untuk membawa energi bersih dan air bersih untuk masyarakat di negara-negara yang membutuhkan sumber daya vital dan akhirnya memberikan kontribusi untuk meningkatkan standar hidup jutaan orang."

    Attisani menekankan perlunya melibatkan LSM lokal dan masyarakat sipil untuk mendorong adopsi luas.(cnn)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Komputer Penyedia Air, Energi dan Internet Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top